Jenis Motor Off-Road

Ada beberapa jenis sepeda motor off-road yang dirancang khusus untuk kegiatan off-road. Dibandingkan dengan sepeda motor, mesin motor off-road lebih sederhana dan lebih ringan, memiliki suspensi yang panjang, lebih tinggi, dan konstruksi kasar dengan sedikit bodywork. Ukuran roda (biasanya 21″ depan, 18″ belakang) memiliki ban menonjol, pinggirannya sering dijepit dengan kunci pelek.

Jenis Motor Off-Road

Beberapa jenis motor off-road yang digunakan untuk olahraga sepedea motor:

Motocross — Digunakan pada lintasan off-road pendek yang diberi berbagai rintangan. Sepeda motor ini memiliki tangki bahan bakar kecil supaya ringan dan kecil. Suspensi yang panjang memungkinkan pengendara melakukan lompatan pada kecepatan tinggi. Mesin motorcross biasanya satu silinder unit dua-stroke atau empat-stroke, dengan variasi ukuran dari 50cc sampai dengan sekitar 650cc. Sepeda Motocross juga dapat digunakan dalam Freestyle Motocross.

motor cross

motor cross

Enduro — Motor biasa yang dimodifikasi dan ditambah klakson, lampu, dan lain-lain. Biasanya digunakan untuk kompetisi jalan jauh dan acara ENDURO berlangsung antara satu hari dan enam hari.

motor enduro

motor enduro

Motor Rally — Sepede motor Enduro yang dibuat khusus dengan tangki bahan bakar yang jauh lebih besar untuk balap jarak yang sangat panjang, biasanya melalui padang pasir (misalnya Paris-Dakar). Kapasitas mesin cenderung lebih besar, biasanya antara 450 cc dan 750 cc.

motor rally

motor rally

Trail — Motor trail dibuat untuk on-road dan rekreasi off-road. Motor trail dimodifikasi mirip sepeda motor enduro, tapi karena motor trail tidak dimaksudkan untuk digunakan untuk kompetisi, maka lebih dilengkapi dengan perlengkapan untuk di jalan raya seperti cermin dan instrumen lainnya.

Trials - Motor ini digunakan untuk kompetisi off-road yang membutuhkan keterampilan balancing dan presisi bukan kecepatan. Sepeda trials dibuat dengan mengutamakan bobot motor yang ringan dengan daya respon throttle yang tinggi, sepeda motor trials biasanya memiliki mesin (125 cc ke 300 cc) kecil, dua-stroke yang umum.

Track Racing - Motor balapan kecepatan tinggi yang digunakan di lapangan balap berbntuk oval. Motor ini biasanya tidak dilengkapi rem, tidak ada suspensi, paling banyak dua gigi, menggunakan bahan bakar metanol (tidak sah digunakan di jalan umum).

Yamaha Track Racing

Yamaha Track Racing

Jika anda mencari perbedaan harga motor off the road dan on the road (bukan motor off-road) baca artikel Beda Harga Motor Off Road dan On Road

Artikel Terkait:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>