Komponen Sistem Injeksi Elektronik

Berikut ini adalah komponen-komponen dalam sistem injeksi elektronik standar

  • Injektor
  • Fuel Pump/Pompa bahan bakar
  • Fuel Pressure Regulator
  • ECM – Engine Control Module; termasuk sebuah komputer digital dan circuitry untuk berkomunikasi dengan sensor dan control output.
  • Wiring Harness
  • Crank/Cam Position: Hall effect sensor
  • Airflow: Sensor MAF, dan Sensor MAP
  • Exhaust Gas Oxygen: Sensor oksigen, Sensor EGO, Sensor UEGO

skema mesin injeksi bahan bakar yamaha matik

Unit utama sistem injeksi elektronik (EFI) adalah ECU (Engine Control Unit) dalam bahasa Indonesia Unit Kontrol Mesin, yang berfungsi memonitor kerja mesin melalui sensor. Sensor-sensor akan mengirimkan sinyal ke ECU dan ECU akan menghitung jumlah bahan bakar yang perlu diinjeksikan dan mengontrol mesin dengan cara mengontrol jumlah air dan udara yang masuk. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan tergantung dari beberapa faktor seperti suhu mesin, kecepatan rotasi mesin, dan komposisi gas buang.

Injektor bahan bakar ini biasanya tertutup, dan terbuka untuk menginjeksikan bahan bakar ketika ada listrik yang mengalir di gulungan solenoid.

Teknologi injeksi bahan bakar Yamaha atau lebih dikenal dengan sebutan Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) dapat membantu penghematan bahan bakar. Teknologi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) telah digunakan pada Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah – Yamaha Mio J.

Artikel Terkait:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>