Tips Merawat Velg Motor

velg casting wheel

velg casting wheel

Ada dua jenis velg motor yang banyak digunakan. Pertama jenis konvensional seperti velg jari-jari (spoke wheel) yaitu velg yang menggunakan kawat logam (jari-jari) yang membentuk pola tertentu. Kedua velg palang atau biasa disebut velg logam atau velg racing (cast wheel) yaitu velg yang lapisan pendukungnya berpola jari-jari besar membentuk satu kesatuan unit. Berikut ini cara merawat velg CW dan SW.

  • Bersihkan velg secara rutin supaya terhindar dari karat
  • Jaga tekanan udara ban – Tekanan udara ban mempengaruhi fungsi dan keawetan velg. Jika tekanan udara pada ban semakin kecil, maka semakin besar peluang kerusakan velg akibat seringnya terbentur di jalan berlobang.
  • Gunakan alat yang tepat saat merawat velg atau mengganti ban, goresan yang terjadi dapat menjadi penyebab kerusakan velg. Lapisi alat pendongkel ban dengan kain supaya velg tidak tergores.
  • Gunakan velg sesuai ukuran ban, ban yang lebih besar dari velg karena dapat mengurangi keseimbangan putaran roda.
  • Gunakan velg standar, velg yang tepat adalah yang asli keluaran pabrik atau yang bermerek. Biasanya velg standar atau yang bermerek telah diuji coba. Selain itu jangan membeli velg berbahan magg allog veg, karena unsur magnesiumnya dapat menyebabkan kebakaran.
  • Hindari lobang dan Off Road

Artikel Terkait:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>