Tips Merawat Velg Motor

velg casting wheel

velg casting wheel

Ada dua jenis velg motor yang banyak digunakan. Pertama jenis konvensional seperti velg jari-jari (spoke wheel) yaitu velg yang menggunakan kawat logam (jari-jari) yang membentuk pola tertentu. Kedua velg palang atau biasa disebut velg logam atau velg racing (cast wheel) yaitu velg yang lapisan pendukungnya berpola jari-jari besar membentuk satu kesatuan unit. Berikut ini cara merawat velg CW dan SW. Continue reading

Bahaya Ban Baru

off road ban

rambut ban

Biasanya ban yang baru dibeli memiliki rambut-rambut pendek yang biasa disebut rambut ban. Rambut ban adalah sisa-sisa pada saat pembuatan bank di pabrik. Sebaiknya rambut ban tersebut dipotong karena rambut ban dapat menimbulkan bahaya yaitu mengurangi daya tapak atau cengkram di jalan dan dapat menimbulkan slip pada saat menikung.

Daftar Merek Ban Motor

Berikut ini daftar merek (merk) ban motor di Indonesia:

Silahkan tinggalkan komen untuk informasi merk ban motor yang dijual di Indonesia.

Tips Memilih Jenis Velg Motor

velg sepeda motor

velg sepeda motor

Ada dua jenis velg motor:

  1. Spoke Wheel (SW) – Velg yang berbentuk jari-jari
  2. Casting Wheel (CW) – Biasa disebut velg racing, terbuat dari besi yang dibentuk melalui proses casting (molding/dicor)

Perbedaan harga Spoke Wheel  (SW) dan Casting Wheel  (CW)

  • SW lebih murah dibanding CW
  • Harga beli cash motor SW lebih murah Rp 800.000 dibanding CW
  • Harga beli kredit motor dengan velg Spoke Wheel tidak berbeda terlalu jauh dengan Casting Wheel, selisih Rp 50.000 – Rp 80.000 / bulan

Tips Memilih Jenis Velg Motor:

  • Kalau motor sering digunakan di kondisi jalan rusak, gunakan Spoke Wheel atau velg jari-jari.
  • Kondisi jalan rusak dapat menyebabkan velg motor casting wheel atau velg racing menjadi bengkok
  • Kalau velg jari-jari bengkok gampang diluruskan, sebaliknya velg racing tidak bisa.
  • Velg racing lebih nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh

 

 

Jenis dan Tipe Ban Motor

Jenis ban motor berdasarkan aplikasi (penggunaan):

  • Sport (bukan untuk balapan)
    • Memiliki grap atau daya cengkram yang luar biasa
    • Jarak tempuh hanya 1.000 mil (1.600 km) atau kurang.
    • Tipe ban sport di lapangan balap membutuhkan daya cengkram yang tinggi pada saat  menikung
    • Ban ini bisa beroperasi pada suhu yang tinggi
    • Tingkat cengkraman meningkat seiring dengan suhu ban meningkat
    • Tidak aman digunakan di jalan umum, karena daya cengkram ban ini baru efektif ketika suhu ban tinggi dan mungkin Anda sudah sampai ke tempat tujuan sebelum suhu ban menjadi panas.
    • Di balapan, ban ini dipanaskan dengan alat pemanas untuk menghasilkan daya cengkram yang maksimal
  • Sport Touring
    ban sport touring

    ban sport touring

    • Daya tahan lebih baik dari tipe ban sport
    • Daya cengkram atau grip kalah dengan jenis ban sport
    • Daya tikung tidak sebagus tipe ban sport
    • Bagus untuk track yang lurus
    • Bagus digunakan untuk perjalanan antar kota (jarak jauh)
  • Touring
    ban touring

    ban touring

    • Ban biasanya terbuat dari karet keras untuk daya tahan yang lebih lama
    • Pada suhu tinggi daya cengkram atau grip kalah dengan jenis ban sport dan sport touring
    • Pada suhu lebih rendah daya cengkram lebih baik dibanding suhu tinggi
    • Lebih cocok untuk mengendarai dalam kondisi dingin atau musim dingin sedangkan tipe ban sport mungkin tidak pernah mencapai suhu operasi optimal.
  • Cruiser
    ban cruiser

    ban cruiser

    • Daya tahan lebih baik dari tipe ban sport
    • Daya cengkram atau grip kalah dengan jenis ban sport
  • Scooter
    • jenis ban yang digunakan oleh skutik seperti vespa
  • On/Off Road
    ban off road

    ban off road

    • Ban tipe off road memiliki tonjolan dan dalaman untuk menghasilkan cengkaraman maksimum pada medan berlumpur, berpasir, atau berkerikil.
    • Jenis ban off road tidak stabil pada jalan aspal
  • Racing
    • Ban sport untuk balapan
    • Tekstur segitiga di ban lebih banyak (semakin banyak semakin kuat daya cengkram)
    • Tipe ban racing dibuat dengan kare yang lebih lembut
    • Ban ini tidak cocok digunakan di jalan umum karena cepat kehilangan daya cengkram
    • Dibuat menggunakan bahan karet yang lebih lembut ketimbang tipe ban lain
    • Tidak cocok digunakan dalam keadaan basah, tidak ada daya cengkram
    • Tidak cocok digunakan pada musim dingin, semi dan gugur

Masih banyak macam-macam tipe ban motor yang tidak bisa disebutkan seperti ban rantai (chain wheel), ban berduri (spike wheel), dll