Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah – Yamaha Mio J

Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah merupakan motor idaman banyak orang. Kelebihan Motor matic injeksi dapat mengurangi polusi udara, menghemat penggunaan bahan bakar minyak, lebih mudah menghidupkan mesin motor, perawatan yang mudah dan meningkatkan kenyamanan berkendara. Dengan menggunakan mesin motor matic, pengendara tidak perlu ganti gigi ketika kecepatan kendaraan berkurang atau bertambah, proses ganti gigi pada motor matic dilakukan oleh sistem motor matic. Continue reading

Kekentalan Oli

tingkat kekentalan oli motor

tingkat kekentalan oli motor

Selain kualitas oli, tingkat Kekentalan oli atau viskositas oli menjadi tolok ukur memilih oli bagi mesin anda.

Tingkat kekentalan oli dipengaruhi oleh temperator sekitarnya.

Semakin kental oli, maka lapisan yang ditimbulkan semakin kental. Lapisan halus pada oli kental memberi kemampuan ekstra menyapu atau membersihkan permukaan logam yang terlumasi. Sebaliknya oli yang terlalu tebal akan memberi resitensi berlebihan mengalirkan oli pada temperatur rendah sehingga mengganggu jalannya pelumasan ke komponen yang dibutuhkan. Untuk itu, oli harus memiliki kekentalan lebih tepat pada temperatur tertinggi atau temperatur terendah ketika mesin dioperasikan.

Alat pengukur viskositas oli adalah viscometer.

Saybolt viscometer digunakan di Amerika
Sedangkan di Inggris menggunakan Redwood viscometer.

Tingkat kekentalan oli diatur oleh Society of Automotive Engineers (SAE).

Berdasarkan viskositasnya  oli yang dijual dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu:

  1. Single grade oil, yaitu oli yang mempunyai tingkat kekentalan tunggal, misalnya SAE 20,  SAE 30,  SAE 40.
  2. Multi grade oil, yaitu oli yang mempunyai tingkat kekentalan ganda, misalnya SAE 5W/20,  SAE 10W/ 30, SAE 20W/50,  SAE 20W/50.

Berdasarkan viskositasnya  oli yang dijual dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu:

  1. Single grade oil, yaitu oli yang mempunyai tingkat kekentalan tunggal, misalnya SAE 20,  SAE 30,  SAE 40.
  2. Multi grade oil, yaitu oli yang mempunyai tingkat kekentalan ganda, misalnya SAE 5W/20,  SAE 10W/ 30, SAE 20W/50,  SAE 20W/50.

Jenis Oli Pelumas Berdasarkan Bahan

  • Oli mineral – Oli yang bahan dasarnya dari proses penyulingan bahan mineral.
  • Oli Vegetebel  – Oli yang diperoleh dari bahan tumbuh-tumbuhan yaitu minyak dari tumbuhan jarak. Jenis ini mempunyai sifat pelumas yang baik sehingga sering digunakan untuk recing, namum mempunyai kelemahan harga mahal dan tidak dapat digunakan dalam waktu yang lama, karena proses oksidasi terjadi dengan cepat.
  • Oli Syntetic – Oli yang dibuat dari bahan dasar produk petroleum seperti ettylene, kemudian diproses secara kimiawi untuk menghasilkan viskositas yang stabil sesuai dengan karakteristik yang diinginkan.  Keunggulan oli jenis ini adalah karakteristik oli relative stabil, mempunyai kemampuan pelumas yang sangat baik
  • Oli semi syntetic – Oli merupakan paduan antara oli mineral dengan syntetic, menghasilkan kemampuaan pelumas yang baik dengan harga lebih murah dari syntetic.

 

Jenis Pelumas Sepeda Motor

  1. Gemuk (grease) digunakan untuk melumasi rantai roda, bearing roda, gigi reduksi motor starter, dan sebagainya. Terdapat 2 macam gemuk yang sering digunakan, yaitu:
    • Calsium soap grease. Digunakan pada pompa oli dan lain-lain. Mempunyai kemampuan tahan panas dan tahan air, sehingga tidak terbawah air meskipun terkena air.
    • Lathium soap grease. Digunakan untuk bearing, dari bahan mineral dengan kekentalan rendah, tahan panas, tahan pemperatur dingin, tahan air, stabilitas mekanis tinggi sehingga sesuai untuk mesin kecepatan tinggi.
  2. Pelumas mesin 2 tak (oli samping), digunakan khusus untuk melumasi poros engkol, batang piston, blok silinder, piston dan ring piston pada motor 2 tak. Mempunyai viskositas lebih rendah dari pada oli mesin sehingga tahanan pompa rendah, mudah bercampur dengan bensin, mudah dibakar dan mempunyai daya lumas tinggi.
  3. Pelumas mesin (oli mesin) – Pada sepeda motor 2 tak digunakan untuk pelumas gigi transmisi dan kopling, untuk motor 4 tak digunakan untuk melumasi bagian-bagian mesin yaitu poros engkol, batang piston, blok silinder, piston, ring piston, transmisi dan kopling.

Ada baiknya Anda juga mengetahui Fungsi Pelumas untuk sepeda motor.

 

Saringan Oli (Oil Filter)

Fungsi saringan oli untuk menyaring kotoran yang ditimbulkan dari gesekan mesin agar tida ikut beredar pada sistem pelumas. Kotoran pada oli dapat berupa bram atau serpian logam akibat bagian yang aus maupun endapan karbon yang dibawah oli selama bersirkulasi.

Terdapat dua model saringan oli yang banyak dipakai pada sepeda motor yaitu:

  • saringan kasa yang mencegah kotoran pada oli masuk ke pompa pelumas
  • saringan sentrifugal, yang menyaring kotoran dengan memanfaatkan gaya sentrifugal

Sistem Pelumas Motor 2 Tak

Sistem pelumas motor 4 tak dibagi menjadi 2, yaitu:

  1. Sistem pelumas basah
  2. Sistem pelumas kering

Sistem Pelumas Basah

Oli ditempatkan di bak engkol (crank case), sehingga transmisi, kopling dan poros engkol terendam dalam oli pelumas.

Sistem Pelumas Kering

Oli ditempatkan pada penampung terpisah sehingga transmisi, kopling dan poros engkol tidak lagi terendam dalam oli pelumas.

Keuntungan sistem pelumas kering:

  1. Tahanan oli pada bagian bergerak berkurang
  2. Pendinginan oli lebih baik
  3. Pengecekan dan penambahan oli lebih mudah

Kelemahan sistem pelumas kering:

  1. Konstruksi mesin lebih rumit
  2. Perlu tambahan komponen penampung oli dan pendingin oli

Sistem pelumas yang digunakan oleh motor matic injeksi irit harga murah Yamaha Mio J adalah sistem pelumas basah.

pelumas

Fungsi Pelumas

pelumasFungsi utama pelumas adalah melindungi bagian mesin yang bergerak dengan cara mencegah kontak atau gesekan langsung dua logam yang berhubungan. Berikut ini fungsi lengkap  pelumas:

  • Mengurangi gesekan komponen mesin motor satu dengan yang lain. Gesekan yang terjadi dapat menyebabkan komponen mesin menjadi cepat aus, mengurangi tenaga yang dihasilkan, menghasilkan kotoran dan panas. Supaya gesekan dapat dikurangi maka bagian saling bergesekan dilapisi olu pelumas.
  • Sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan proses pembakaran di dalam silinder dan panas yang dihasilkan dari gesekan antar komponen.
  • Sebagai perapat celah antara piston dengan silinder. Pelumas dapat mengurangi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran dengan membuat lapisan oli yang mengisi celah antara piston dan silinder.
  • Sebagai peredam getaran dan suara bising hasil benturan piston, batang piston dan poros engkol. Pelumas untuk melapisi antara bagian tersebut dan meredam benturan yang terjadi sehingga suara mesin lebih halus.
  • Sebagai pembersih kotoran hasil gesekan antar komponen mesin. Pelumas membantu membawa kotora n tersebut sehingga bagian yang bergesekan tetap bersih.
  • Sebagai anti karat, pelumas melapisi bagian logam sehingga menghindari kontak langsung dengan udara atau air.

Sistem pelumas yang digunakan oleh motor matic injeksi irit harga murah Yamaha Mio J adalah sistem pelumas basah.

Jenis Kopling Motor

kopling motor

kopling motor

Ada beberapa jenis kopling seperti kopling gesek, kopling fluida, kopling sentrifugal, dan kopling magnet. Tetapi yang paling banyak digunakan oleh kendaraan bermotor adalah jenis Kopling Piringan (disk clutch) dan Kopling Sepatu Sentrifugal.

Jenis Kopling Piringan (disk clutch) dan Kopling Sepatu Sentrifugal dibagi lagi menjadi kopling plat kering dan kopling plat basah.

Pendek kata kopling dikelompokkan menjadi 2 bagian berdasarkan:

  1. Bentuk kopling motor
  2. Kondisi kopling bekerja

Jenis Kopling Berdasarkan Bentuk

Kopling Piringan (disk clutch)

Kopling ini terdiri dari beberapa kampas kopling (plat gesek) dan plat kopling. Sebagai pemutus dan penghubung daya, kopling jenis ini ditekan dengan bantuan per. Apabila per di tekan oleh tuas kopling, maka antara plat gesek dan plat kopling akan merenggang dan daya dari mesin ke transmisi terputus.

Pegas kopling atau per kopling juga ada 2 jenis (macam) yaitu per keong (coil spring clutch) dan per matahari (diaphragm spring clutch). Pada kopling tipe Disk Clutch cara operasionalnya juga di bagi menjadi 2 bagian :

  1. Kopling yang di operasikan dengan cara manual seperti pada motor sport
  2. Kopling yang di operasikan dengan cara otomatis seperti pada motor bebek/underbone

Kopling Sepatu Sentrifugal

Kopling jenis ini hampir mirip bentuknya dengan kampas rem. Kopling ini bekerja apabila ada gaya sentrifugal dan kampas kopling akan menggesek mangkuk kopling (housing clutch). Kopling jenis ini biasanya banyak di pakai pada motor matic.

Jenis Kopling Berdasarkan Kondisi Kerja

Kopling Plat Basah

  • Kopling plat basah adalah kopling yang plat-platnya direndam dengan minyak pelumas.
  • Kebanyakan kopling jenis ini digunakan oleh sepeda motor.
  • Kelebihan, kopling plat basah tidak cepat aus, karena dilumasi oleh oli.
  • Kekurangannya, hambatan geseknya kurang sehingga tidak bisa memindahkan tenaga seefektif kopling kering. Apalagi bila di tambahakan bahan aditif pelicin, kopling bisa slip.

Kopling Plat Kering

  • Kopling plat kering adalah jenis kopling yang plat-platnya tidak direndam oleh minyak oli.
  • Umumnya digunakan pada mobil dan sepeda motor tua buatan Eropa.
  • Kelebihannya, hambatan geseknya besar sehingga lebih efektif dibanding kopling basah dalam memindahkan daya.
  • Kekurangannya, Kopling kering cepat aus karena tidak terkena oli tetapi tenaga pemindahan dari mesin ke roda gigi lebih baik.

Motor matic injeksi irit harga murah Yamaha Mio J menggunakan kopling Sentrifugal.

Kopling Motor

kopling motor

kopling motor

Kata kopling berasal dari kata serapan coupling yang kata dasarnya adalah couple, artinya pasangan.

Namun pengertian kopling di Indonesia berbeda dengan coupling di luar negeri. Kopling di negara kita lebih identik dengan clutch.

Pengertian coupling pada kendaraan bermotor adalah hubungan antara engkol dan roda, dimana engkol yang terhubung dengan roda dapat menghasilkan tenaga mesin.

Kopling adalah komponen motor yang menghubungkan poros engkol dengan poros roda gigi transmisi. Kalau di luar negeri komponen ini bernama clutch.

Fungsi kopling adalah untuk mengatur daya yang disalurkan dari mesin ke transimisi, kemudian transmisi mengubah kecepatan mesin sesuai dengan yang diinginkan.

Cara Kerja Kopling

Dalam keadaan dimana fungsi kopling bekerja dengan baik, ketika pengemudi menekan kopling, tenaga mesin akan diputus, karena saat kopling ditekan maka gaya tekan itu mendorong release fork dan release fork anda mendoroang release bearing. Sehingga release bearing mengangkat pegas diaprahgma dan preaseure palte dan clutch disc akan terlepas dengan flywheel diikuti roda gigi yang terlepas dari pengaruh putaran mesin. Kondisi inilah yang memungkinkan terjadinya perpindahan roda gigi pada transmisi.

Kopling dikelompokkan menjadi 2 bagian berdasarkan:

  1. Bentuk kopling motor
  2. Kondisi kerja kopling

Motor matic injeksi irit harga murah Yamaha Mio J menggunakan kopling kering.

Page 1 of 3123