YMJET-FI Hanya untuk Motor Matic

Produsen sepeda motor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) terjun ke pasar sepeda motor varian injeksi di 2012. Setelah berhasil dengan motor Vi-xion, Yamaha merambah ke segmen matic, seperti Yamaha Mio J & Soul GT. Kedua motor matic menggunakan sistem injeksi YMJET-FI (Yamaha Mixture JET-Full Injection).

Pihak Yamaha Indonesia bahwa teknologi YMJET-FI ini khusus motor matik dan berbeda dengan yang digunakan pada varian sport dan bebek.

“YMJET-FI ini hanya untuk motor matik saja. Teknologi ini betujuan membuat irit konsumsi bahan bakar pada motor matik. Selama ini, jenis Mio dianggap memiliki konsumsiu bahan bakar yang boros, tapi dengan teknologi ini bisa lebih irit,” beber Muhammad Abidin, di acara Workshop YMJET-FI di Jakarta, Rabu (30/5/2012).

Sebenarnya teknologi YMJET-FI ini bisa digunakan pada motor sport dan bebek. Tapi harganya akan jauh lebih mahal dan kedua motor itu sudah dikenal irit karena bisa diatur buka tutup gas oleh perpindahan gigi.

“Motor sport, bebek itu beda sama matik. Kalau matik buka tutup gasnya tergantung pedal gas yang kita mainkan. Jika terus digeber maka bahan bakarnya juga akan boros. Beda dengan motor sport dan bebek, bisa diakalin dari perpindahan gigi untuk mengirit bahan bakar,” sambung Abidin.

Lebih lanjut, Teknologi Injeksi Bahan Bakar Yamaha memiliki keuntungan akselerasi dan tenaga mesin yang sangat baik, konsumsi bahan bakar akan jauh lebih efisien dan emisi gas buang lebih ramah lingkungan.

“Teknologi FI Yamaha memberikan keuntungan bahan bakar lebih hemat diatas 30 persen, serta emisi dan polusi akan jauh lebih rendah. Dengan sistem injeksi ini, bahan bakar disuplai sesuai kebutuhan mesin sehingga dapat menghemat bahan bakar,” tutup Abidin.

Artikel Terkait:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>